Kamis, 21 September 2023

Kota Bogor adalah kota yang sering jadi alternatif warga ibukota menjauh sejenak dari hiruk pikuknya, khususnya kawasan Puncak Bogor. Kali ini aku mau jalan-jalan ke Bogor, tapi sedikit berbeda dari kebanyakan orang, karena aku akan mengajak kalian untuk cafe hopping di sekitaran kota saja. 

Seperti halnya kota lainnya, fenomena coffe shop juga sudah menjamur di kota ini. Bahkan jaraknya berdekatan antara satu dengan yang lain. Sebenarnya aku sedikit ragu bisa menemukan cafe yang unik di sini, karena kebanyakan cafe memiliki ambience yang sama. Tapi keraguanku terpatahkan setelah mampir ke cafe-cafe ini. Penasaran kan? Simak terus ya!


1. Miru Coffee

source : instagram @mirucoffee.id

Cafe pertama yang aku datangi adalah Miru Coffee. Letaknya berada di pinggir jalan sehingga mudah sekali ditemukan. Selain itu cafe ini sudah terlihat sangat cantik dari depan. Uniknya dinding cafe ini terbuat dari material glass block sehingga memberi efek terang dan transparan. 

Miru Coffee memiliki space yang sangat luas dan nyaman. Bangunan cafe ini terdiri dari dua lantai, lantai pertama didominasi indoor, sedangkan untuk lantai dua semi outdoor. Interior di cafe memberi kesan warm karena didominasi warna natural wood. Ditambah ada sebuah pohon besar yang tumbuh di tengah-tengah bangunan. Bagi yang suka foto-foto semua sudut cafe ini estetik. 

Makanan dan minuman yang mereka miliki sangat variatif. Untuk minuman aku merekomendasikan kalian untuk memesan Houjicha Latte [ Rp 38.000]. Karena bagiku yang menyukai teh jenis hojicha, sangat jarang menemukan cafe yang menyediakan menu ini. Untuk makanan aku memesan rice bowl Chicken Mayo [ Rp 58.000] yang rasanya masih standar saja. 


Tempat ini cocok untuk kalian yang ingin WFC (work from cafe) karena disediakan banyak colokan. Selain itu cafe ini juga menyediakan toilet yang bersih dan mushola. Minusnya hanya lahan parkir yang sempit sehingga kapasitas parkir mobil terbatas.

2. Jiwan Bogor 



Cafe berikutnya yang aku datangi yaitu Jiwan Bogor. Bangunan cafe ini dari luar justru terlihat seperti hotel karena memiliki style bangunan Belanda. Meskipun dari luar terlihat seperti bangunan Belanda, bagian dalamnya bernuansa bohemian. Saat masuk ke dalam, aku disambut beberapa lukisan yang terpajang di dalam cafe ini. 

Jiwan Bogor merupakan salah satu cafe yang aku rekomendasikan. Setiap sudut dari cafe ini memberikan sentuhan yang berbeda-beda. Yang menjadi daya tarik tersendiri dari cafe ini yaitu kolam yang terletak di belakang bangunan. Kolam ini memberikan kesan yang lebih natural, segar, dan sejuk karena dikelilingi oleh tebing. 

Menu makanan dan minuman di sini sangat lengkap. Aku memesan Penne Chicken Parmigiana [IDR 50.000] dengan rasanya yang surprisingly good. Untuk minuman aku memesan kopi dan cocktail, yaitu Salted Caramel Latte [ Rp 35.000] dan Tropical Sabdariffa [Rp 35.000]. Menurut aku tidak ada yang mengecewakan dari kedua minuman ini.



Aku akan merekomendasikan tempat ini untuk kalian yang pergi dengan keluarga atau berkumpul dengan teman-teman. Lahan parkirnya cukup luas sehingga tidak terlalu kesulitan jika membawa mobil. 

3. Padhi Resto

source : instagram @padhi.resto

Tempat selanjutnya yang aku kunjungi yaitu Padhi Resto. Tempat ini tidak seperti cafe karenanya lebih cocok disebut restaurant. Pertama kali masuk ke dalam, aku melewati entrance yang sangat mewah seperti hotel. Area parkir yang luas dihias lampu-lampu memberikan kesan elegan di tempat ini.

Padhi Resto memiliki area indoor dan juga outdoor. Aku tertegun melihat detail-detail yang ada di dalam restoran ini. Semua sudutnya dan interiornya mulai dari pemilihan sofa, meja, lampu, vas, tanaman, dan sebagainya dipikirkan dengan matang. Termasuk area kamar mandi tak luput diperhatikan. Aku duduk di area outdoor yang menghadap ke sawah dan kolam yang dihiasi lampu.

Datang dalam kondisi lapar, aku memesan makan berat Nasi Goreng Kluwek Bone Marrow [Rp 95.000] , Gado-gado [Rp 60.000] dan minum ice tea [ Rp 15.000 ]. Jujur untuk makanan aku kurang cocok dengan rasanya yang cenderung manis. Minumannya pun terasa kurang, seperti teh dalam kondisi panas yang langsung dimasuki es batu, rasa tehnya jadi berubah. Untuk harga yang cenderung mahal perlu ditingkatkan lagi kualitas makanannya.

Aku merekomendasikan tempat ini jika kalian ingin mencoba suasana yang berbeda. Cocok untuk kalian yang suka foto-foto karena setiap sudutnya sangat cantik. Tempat ini biasanya ramai sampai waiting list saat weekend dan high season. Aku datang kesini untuk makan malam saat weekday masih sangat kondusif.

Menurut kalian aku perlu main kemana lagi ya di Bogor? Tulis di kolom komentar ya :)

Love Letters & Lullaby . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates