Minggu, 25 Juni 2023




Beberapa waktu lalu pemerintah telah mengumumkan jadwal cuti bersama Hari Raya Idul Adha yang jatuh di tanggal 28 dan 30 Juni 2023. Artinya akan ada momentum libur panjang di penghujung bulan Juni ini. Sudah ada agenda long weekend, good people?

Momentum libur panjang menjadi kesempatan orang untuk berwisata. Salah satu objek wisata yang selalu ramai didatangi wisatawan yaitu Candi Borobudur, yang berlokasi di Kabupaten Magelang. Objek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung baik wisatawan yang berasal dari luar kota hingga mancanegara.

Kalau kamu berencana untuk berlibur melihat pesona Candi Borobudur, pastikan kamu juga mengeksplor tempat-tempat lain di sekitarnya yang tidak kalah menarik. Berikut adalah rekomendasi tempat-tempat menarik di wilayah Borobudur yang bisa kamu kunjungi.

 

Bukit Rhema Gereja Ayam

 

Bukit Rhema Gereja Ayam ( Instagram : @bukitrhema )

Gereja Ayam bisa menjadi destinasi yang menarik untuk di kunjungi jika kamu berada di kawasan Borobudur. Siapa sangka kalau bangunan ini sudah dibangun dari tahun 1992. Dan fakta lainnya, gereja ini sebetulnya bukan berbentuk ayam, melainkan burung merpati.

Dari waktu ke waktu, Gereja Ayam mulai dibangun sedemikian rupa hingga saat ini telah memiliki 7 lantai. Setiap lantainya mengandung cerita dan makna, sehingga gereja ini dapat menjadi tempat wisata religi, wisata edukasi, wisata kuliner, dan wisata alam.

Taukah kamu kalau Gereja Ayam pernah muncul di salah satu scene film Ada Apa Dengan Cinta 2? Saat itu gereja ini masih dalam tahap pembangunan. Namun karena film itu tempat ini menjadi populer hingga didatangi tamu dari berbagai daerah.

Truntum Gasblock

Truntum Gasblock ( instagram : @gasblockborobudur )

Restoran yang pertama beroperasi pada awal bulan April tahun 2022 ini merupakan salah satu rekomendasi penulis. Lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur, hanya berjarak sekitar 4,1 km. Yang unik dari restoran ini yaitu seluruh bahan bakar yang digunakan di dapur menggunakan gas alam dari PGN.  

Truntum Gasblock memiliki pemandangan bukit menoreh yang cantik dengan konsep semi outdoor. Tidak hanya restoran dan café, Truntum Gasblock juga menyediakan hall dan meeting room. Areanya sangat luas dan lengkap. Terdapat mushola kecil untuk beribadah.

Bagi kamu yang suka berfoto, tidak perlu bingung karena hampir setiap sudutnya estetik dan instagram-able. Untuk pilihan menu restoran ini cukup beragam mulai dari kuliner nusantara hingga western. Penulis menyarankan untuk berkunjung pukul 4 sore agar bisa melihat sunset.


Enam Langit by Plataran

 

Enam Langit by Plataran ( instagram : @enamlangit.borobudur )

Siapa yang setuju kalau Plataran tidak pernah membuat produk gagal? Di Kawasan Borobudur sendiri terdapat 2 hotel yang merupakan properti milik Plataran. Namun yang satu ini bukan hotel ya, good people. Enam Langit sendiri merupakan café dan restoran.

Tak tanggung-tanggung memang, Plataran sengaja membangun Enam Langit di atas perbukitan agar pengunjung dapat menikmati pemandangan bukit menoreh dan kemegahan Candi Borobudur. Tak hanya itu kamu bisa juga melihat 6 gunung sekaligus (Merapi, Merbabu, Telomoyo, Sumbing, Andong, dan Prahu) dari atas sini. 

Jika kamu tertarik untuk berkunjung, kamu bisa melakukan reservasi terlebih dahulu. Saran dari penulis berkunjunglah di pagi hari agar dapat merasakan sensasi breakfast above the clouds. Tak hanya itu, Enam Langit juga mempunyai special offer untuk dining sambil menikmati sunset.


Itulah beberapa tempat yang penulis rekomendasikan ketika kamu berkunjung di sekitar Candi Borobudur. Selain tempat-tempat yang penulis rekomendasikan, masih banyak tempat menarik yang bisa dieksplor di sekitarnya. Salah satunya kuliner lokal favorit penulis. Mungkin perlu dibuat artikel terpisah? Komen ya!

 

Kamu ingin rekomendasi apa lagi di sekitaran Jogja dan Magelang?

 


Love Letters & Lullaby . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates