Rabu, 25 Oktober 2023


Belakangan ini sering melihat teman-temanku update di media sosial mereka saat sedang mengikuti olahraga bernama pound fit. Menurut informasi yang aku dapatkan, olahraga ini ternyata sudah ada sejak tahun 2011. 

Meski begitu olahraga ini baru hits di Indonesia di tahun 2019.  Olahraga pound fit adalah high intensity workout yang merupakan gabungan dari cardio, pilates, dance, dan gerakan drum. 

Sebagai orang yang akan menginjak usia 30 tahun, aku ingin memulai hidup sehat dengan aktif berolahraga. Karena testimoni teman-teman banyak yang ketagihan ikut pound, aku jadi penasaran pengen cobain olahraga hits ini. 

Ternyata setelah ikut, aku jadi tau beberapa hal. Ini bisa jadi tips untuk pemula yang pengen cobain pound fit. Kalau nggak ikut pound fit, aku nggak akan tau kalau ...

1. Join Pound Fit ternyata segampang itu

Source : bestangle.com

Buat kamu yang pengen cobain olahraga ini, pasti hal pertama yang ingin kamu ketahui adalah bagaimana cara ikutan pound fit. Nah, kalau kamu tinggal di Jakarta dan Yogyakarta, kamu bisa ikutan pound fit melalui Rocca Space. Gampang banget caranya dan simak baik-baik yaa!

Pertama, kamu perlu cek jadwal kelas pound terdekat melalui akun instagram Rocca Space ( @roccaspace ). Mereka sering update jadwal kelas terbaru di Instagram. Biasanya kelas mereka diadakan di public space seperti mall, taman, balai, dan sebagainya. 

Lihat postingan jadwal mereka dan cari lokasi terdekatmu. Jika kamu sudah menentukan lokasi kelas, kamu bisa lanjut untuk mendaftar. 

Untuk mendaftar kelas, kamu perlu membuat akun baru melalui website Rocca Space di https://www.roccaspace.co.id/. Buatlah akun baru dengan mengisi nama sesuai KTP , alamat email, dan nomer handphone yang terhubung WhatsApp. Setelah itu verifikasi akunmu melalui email. Setelah terverifikasi kamu sudah bisa booking kelas di website.

Biaya untuk kelas pound melalui Rocca Space sekitar Rp 45.000. Dengan harga segitu kamu sudah dipinjamkan ripstix (stick drum) yang khusus dipakai untuk pound. 

Untuk matras kamu bisa membawa sendiri dari rumah atau menyewa matras on the spot seharga Rp 15.000 dengan pembayaran non tunai (cashless). Gampang banget kan cara ikutan pound fit!

2. Jangan pakai matras yang mahal dan terlalu bagus


Ketika olahraga pound kita sebaiknya menggunakan matras agar saat memukul ripstix tidak langsung mengenai permukaan lantai yang keras karena bisa patah. 

Untuk olahraga ini disarankan pakai matras biasa yang tidak terlalu bagus. Hmm kenapa? Karena pukulan ripstix lama kelamaan bisa membuat permukaan matras rusak dan berlubang. 

Jika kamu ingin pound fit menggunakan matras branded seperti Lululemon atau Alo yang cukup pricey sebaiknya jangan yaa. Sekarang matras sudah banyak dijual dengan harga murah mulai dari Rp 50.000. 

Dengan harga segitu bisa menjadi investasi agar tidak perlu menyewa matras setiap akan olahraga. Kalau sedang coba-coba olahraga, sewa dulu juga tidak masalah kok.

3. Pakai alas kaki yang nyaman

Saat berolahraga sebaiknya kita menggunakan alas kaki / sepatu yang sesuai dengan jenis olahraganya. Sepatu olahraga itu bisa berbeda-beda, misalnya running shoes, tennis shoes, football shoes dan sebagainya. 

Untuk pound fit sendiri sebetulnya tidak perlu menggunakan sepatu khusus, namun olahraga ini perlu kenyamanan karena kita akan banyak melakukan  gerakan squat selama olahraga.

Fun fact, aku pernah menggunakan sepatu running saat pound fit. Ternyata hasilnya kurang nyaman karena ukurannya terlalu besar dan sole terlalu tinggi sehingga sulit melakukan berbagai gerakan. Akhirnya aku menggunakan kaos kaki anti slip untuk pound agar kaki lebih lincah.

Vibram Five Fingers

Beberapa orang yang sudah expert di pound fit merekomendasikan sepatu Vibram Five Fingers. Sepatu ini berbentuk seperti kaos kaki karena memperlihatkan jari-jari kaki. Brand ini belum punya store di Indonesia, jadi kalau mau beli harus online atau jastip. Harganya sekitar 1,6 juta rupiah. 

4. Keliatannya gampang, ternyata pedes banget!

Source : Satuviral.com

Gerakan pound fit yang kita lakukan akan dipandu oleh seorang trainer/coach dengan diiringi musik. Sekilas ketika melihat orang lain melakukan olahraga ini gerakan-gerakannya terlihat sederhana. 

Padahal tidak sesederhana itu guys, karena kita perlu memiliki koordinasi tubuh yang baik. Bagi kamu yang jarang sekali berolahraga, kamu akan merasakan panasnya olahraga ini! 

Pound fit termasuk jenis olahraga yang melibatkan otot seluruh tubuh atau full-body workout yang berdurasi minimal 45 menit. Gerakan yang akan sering kita lakukan selama pound fit yaitu sumo squat dan lunges. 

Olahraga ini akan mengaktifkan beberapa otot penting seperti otot perut, paha dan bokong secara maksimal. Sumo squat adalah gerakan yang menurutku paling pedas. 

5. Efek badan setelah pound fit

Mau olahraga apa pun jika kita baru pertama kali melakukannya pasti respon badan akan sakit dan pegal-pegal. Sama halnya yang aku rasakan ketika pertama kali pound fit. 

Jujur, aku tidak menyangka efeknya berlangsung sampai 4 hari. Aku jadi susah jongkok dan naik tangga. Tetapi setelah hari ke 4 rasanya sudah normal lagi.

Banyak orang yang berhenti berolahraga karena mereka terlalu lama recovery. Jadi menurutku meskipun sakit di awal, jangan berhenti berolahraga. Karena lama kelamaan badan akan beradaptasi dan otot jadi lebih lentur. 

Aku sendiri menjadwalkan olahraga ini secara rutin agar badan lebih sehat. Selain sehat kita bisa dapat teman-teman baru lho dari komunitas ini!


Jadi gimana, apakah kamu tertarik untuk ikutan pound fit? Jangan ragu untuk segera coba ya. Tidak akan rugi ketika kita melakukan sesuatu yang baik untuk tubuh kita. Selain konsumsi makan makanan yang sehat, olahraga adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan tubuh. Terima kasih sudah membaca sampai selesai. Salam sehat Good People! 

Love Letters & Lullaby . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates